Kamu Belum Sah Jadi Senior yang Keren, Kalau Belum Tahu 5 Trik Sepele Pengajuan Skripsi Ini!

Skripsi merupakan tugas akhir yang wajib dikerjakan pada mahasiswa yang sudah tingkatan akhir. Sebelum melakukan analisa dan penelitian, mahasiswa harus melakukan beberapa alur proses secara akademik. Mulai dari konsultasi dosen, pengajuan judul, pembuatan outline, pembagian dosen pembimbing, pembuatan proposal, proses penelitian, terjun ke lapangan untuk menganalisa.\

Serta yang paling akhir yakni skripsi dipertanggungjawabkan lewat bagian sidang, baik sidang terbuka ataupun tertutup bergantung kebijakan dari satu lembaga atau fakultas setiap universitas.

Nah, agar judul skripsimu cepat kelar serta di-acc dosen tanpa ada berfikir pusing. Yuk, simak 5 panduan yang perlu anda kerjakan :

1. Janganlah malas buat mencari rujukan dari buku, majalah hingga jurnal. Dengan adanya ini, pikiran serta fikiranmu juga akan terbuka lebar

Langkah awal yakni cari rujukan sebanyak-banyaknya dari mulai buku, jurnal nasional ataupun internasional, makalah, artikel ilmiah dan sebagainya. Rajinlah ke perpustakaan dan rajin searching. Makin anda miliki banyak rujukan jadi juga akan memperkaya idemu serta pikiranmu. Sesudah memperoleh cukup rujukan, silahkan di baca serta ditelaah. Buat rangkuman serta garis besar. Putuskan topik apa yang menginginkan diambil.

Seumpama : Jurusan Perikanan

Topik : Sosial Ekonomi

” Analisa Ekonomi Tempat tinggal Tangga Nelayan di Perairan Semarang ”

Baca juga: Contoh cover makalah

2. Mencari judul yang antimainstream serta masih tetap tidak sering dipakai alumni. Ini nih kunci paling utama mengajukan judul skripsi!

Nah, ini yang buat dosen tertarik, hingga dosen akan pertimbangin judulmu untuk selekasnya approved. Jangan sampai malas bertandang ke perpustakaan sebatas baca-baca skripsi alumni yang telah lulus. Dengan adanya banyak membaca skripsi alumni anda juga akan temukan inspirasi yang belum juga sempat ditulis sama alumnimu.

Tidak mau ‘kan jika jadi follower doang? Judulnya itu-itu saja yang membedakan mungkin saja hanya tempat serta tujuan. Please, mari berfikir lebih briliant sekali lagi! Jangan sampai sangsi untuk memajukan suatu hal yang mengagumkan.

Contoh nih, anda anak elektro, bisalah membikin satu dobrakan agar orang-orang dapat rasakan efek keringanan tehnologi didunia budidaya perikanan.

Mungkin saja diketemukan satu problem yang perlambat sistem budidaya ; satu diantaranya yakni membedakan ikan betina serta jantan lewat cara manual serta mengambil alih saat yang banyak karna mesti dikerjakan satu per satu.

Dapat tuch jadi rujukan inspirasi judul!

3. Sediakan rencana, materi, serta cara yang relevan agar anda tidak gugup waktu berjumpa dosen pembimbing nantinya

Sebelumnya anda buat outline serta konsultasi judul ke dosen, anda mesti kuasai cara apa yang juga akan anda pakai dengan merujuk pada satu diantara rujukan yang anda tekuni. Dari situ anda belajar cara dari satu riset yang telah berlangsung, mungkin saja anda juga akan buat cara yang baru, yang dosen akan mendukungmu dengan seluruh jiwa, hehe.

Jangan pernah rencana materi serta cara anda tidak relevan, keduanya mesti sama-sama terkait!

4. Optimis dosen serta terangkan dengan detail waktu konsultasi. Janganlah takut terlebih grogi!

Di waktu anda telah kuasai rujukan, mempunyai inspirasi serta judul, serta rencana materi caramu telah masak. Waktunya anda konsultasi dosen, terangkan dengan detail riset seperti apa yang juga akan diambil, bagaimana cara yang juga akan anda pakai. Kemudian minta dosen memberimu anjuran semestinya bagaimana ; apakah penelitianmu layak dikerjakan serta dilanjutkan? Dengarkan semua petuah yang dosen kehendaki.

Sesudah anda terasa judulmu telah layak diserahkan, buat outline skripsimu dengan merujuk pada rujukan yang relevan hingga riset mu juga akan makin kuat. Catat sesuai sama arahan dosen. Hingga keinginannya peluang untuk di-acc besar.

5. Saat semuanya usaha telah dikerahkan, janganlah lupa berdoa pada Tuhan agar semua dilancarkan

Sesudah anda telah lakukan 4 bagian diatas, waktunya anda kembali pada Sang Maha.

Usaha telah dikerjakan, berdoalah pada Tuhan mudah-mudahan judul skripsi yang anda kemukakan adalah pilihan terbaikmu, hingga dimudahkan anda mengerjakannya dari mulai step awal hingga sistem wisuda nanti.

Skripsi tidak mesti masalah passion-mu. Lakoni saja serta selalu semangat dalam kerjakan laporan, jangan pernah malas. Bila rasa jemu telah mulai menyerangmu, kadang-kadang refresh fikiranmu dengan lakukan hal yang mengasyikkan seperti nonton film, berbelanja, traveling atau segalanya yang buat fikiranmu kembali fresh. Janganlah lupa juga kalau kesehatanmu itu paling utama! Tetaplah berolahraga walau dateline revisi mengubermu. So, anda tentu dapat, percayalah!