Bahaya yang Datang Saat Memakai Kacamata Hitam Murah

Bahaya yang Datang Saat Memakai Kacamata Hitam Murah – Sering bersantai di pantai atau menghabiskan banyak waktu di luar rumah saat matahari terbakar? Kacamata hitam pasti akan menjadi senjatamu. Tapi hati-hati, jika aktivitas Anda membutuhkan kacamata hitam sebagai pelindung mata dan bukan hanya gaya gaya saja, jangan mengambil risiko memakai kacamata hitam murah. Ini bukan masalah prestise, melainkan untuk kesehatan matamu.

Bahaya sinar UVB di mata

Untuk Daily Mail, seorang ahli kacamata senior di Optical Sudut Pandang York, Chris Worsman, mengatakan bahwa sinar UVB yang dipancarkan oleh sinar matahari dapat merusak lensa mata. Lensa mata adalah bagian mata yang membantu memusatkan cahaya.

“Lensa mata terbuat dari banyak protein, jadi lensa tampak jelas,” kata Chris. “UVB menyebabkan protein membusuk dan berkerut, membuat lensa menjadi berlumpur. Ini disebut katarak dan dapat berkembang setelah bertahun-tahun terpapar sinar matahari tanpa perisai.”

Paparan sinar UV tanpa perlindungan UV yang baik juga berpotensi meningkatkan risiko kanker kulit di kelopak mata. Chris menjelaskan bahwa sejenis kanker kulit yang disebut karsinoma sel basal biasanya terlihat sebagai titik atau rasa sakit pada kelopak mata, dan juga bisa terjadi akibat paparan sinar matahari.

“Meski tidak menyebar ke tempat lain, bisa jadi kelopak mata, dan operasi pengangkatan kanker di kelopak mata akan meninggalkan bekas luka yang berarti,” kata Chris. “Dalam jangka pendek, paparan sinar matahari dapat menyebabkan keratitis fotografi, saat paparan sinar matahari yang hebat membunuh lapisan luar kornea.”

Mengapa Kacamata Hitam Murah Bisa Berbahaya?

Kacamata hitam akan menghalangi sinar UV, jika Anda memilih dengan hati-hati. Cahaya diukur dalam nanometer dan sinar UVB berukuran sekitar 320-390 nanometer. Jika kacamata hitam diberi label CE (perlindungan UV standar Eropa) berarti kacamata hitam bisa menerima sinar UV tidak lebih dari 5% di bawah 380 nanometer.

“Anda perlu memperhatikan UV 400 Anda, yang berarti Frame kacamata ini tidak menerima sinar UV di bawah 400 nanometer,” jelas Chris.

Secara teknis, ini berarti kacamata tersebut menawarkan perlindungan lebih banyak daripada tanda CE, namun perbedaannya minimal, dan sinar UV antara 380-400 lebih sedikit berbahaya daripada dimensi yang lebih kecil.

Kacamata murah biasanya tidak memiliki lensa yang memberi perlindungan pada sinar matahari, namun hanya lensa normal yang berwarna hitam dengan tinta, dengan tingkat tergelincir 4 dan 1 menjadi yang paling terang. “Tapi warna gelap lensa hanya tampilan itu dan sebenarnya tidak memberikan perlindungan sinar UV,” kata ahli mata specsavers, James Goldenberg.

James mengatakan bahwa kacamata hitam murah sebenarnya memiliki risiko, karena itu benar-benar tidak melindungi mata dari sinar UV. Dikutip waktu, kacamata perlindungan UVA dan UVB akan sangat mudah menyaring cahaya. Kacamata murah tidak melakukan apapun untuk melindungi kita, selain hanya untuk gaya saja. Tinta hitam yang menutupi lensa tanpa memberikan perlindungan bisa mengurangi efek silau, namun matamu tetap terpapar sinar UV. Seiring waktu, lensa gelap ini benar-benar akan mengganggu penglihatan Anda dan jika Anda menggunakan terlalu banyak waktu biasanya akan menyebabkan pusing karena mata Anda harus bekerja lebih keras.

“Selain itu, paparan sinar UVA dan UVB dapat meningkatkan risiko katarak, degenerasi makula, dan bahkan perkembangan melanoma okular, sejenis kanker sangat jarang terjadi,” kata Dr. Wayne Bizer, dokter mata dan juru bicara Academy American Asosiasi Oftalmologi.

Tidak perlu memiliki harga mahal asal berkualitas

Menurut kacamata hitam yang Anda pilih mereka tidak mahal. Meskipun kacamata hitam bernilai lebih dari 1 juta biasanya memiliki perlindungan penuh, namun seringkali kacamata hitam lebih murah dan dijual di optik biasa dapat melindungi diri dari sinar ultraviolet.