Review Mesin Absensi Wireless ZKTeco

Seperti yang kita ketahui, kehadiran teknologi membawa banyak hal-hal konvensional yang kemudian diadopsi ke dalam sebuah bentuk yang lebih modern, dan absensi tidak terkecuali. Bukan hal yang baru lagi melihat mesin absensi yang kini digunakan secara meluas di berbagai tempat. Kini, mesin seperti ini kembali dihadirkan ke dalam bentuk yang lebih canggih, yakni sebuah mesin absensi wireless. Seperti namanya, wireless, mesin absensi ini tidak lagi memerlukan USB untuk menarik data absensi yang ingin diketahui. Anda cukup memiliki aplikasi dalam gawai untuk kemudian dihubungkan dengan mesin ini. Semakin menarik, bukan? Lalu, hal lain apa saja yang ada dalam mesin absensi jenis ini? Untuk mengetahuinya, mari simak ulasan singkatnya di bawah ini.

Teknologi Terbaru dari Mesin Absensi Wireless

Mesin absensi telah cukup lama hadir di Indonesia. Banyak instansi yang menggunakannya untuk mempermudah rekap kehadiran karyawan mereka. Hal ini tentu telah menggeser bentuk absensi konvensional dengan kertas dan pulpen. Meski terbilang lebih mahal dari segi harga, absensi modern ini nyatanya cukup efisien dan tentunya paperless. Pengaplikasian teknologi untuk absensi ini juga merupakan bentuk dari pemanfaatan teknologi ke dalam kehidupan sehari-hari yang kini kian mudah ditemui di mana pun. Jika sudah ada yang lebih mudah dan efisien, mengapa tidak memilihnya?

Kini, mesin seperti ini berkembang menjadi mesin absensi wireless. Wireless merujuk pada tidak digunakannya kabel dalam sebuah teknologi. Hal ini tentunya akan mempermudah pemasangan dan hal lain sebagainya. Terkait dengan mesin absensi ini, Anda dapat mengakses daftar hadir tanpa perlu menggunakan USB lagi. Mesin absensi yang berukuran minimalis dan sederhana ini memiliki sejumlah kelebihan.

Kelebihan pertama yang dimiliki yakni kemampuannya dalam menyimpan hingga 1.000 data sidik jari. Karenanya, mesin ini bisa digunakan di sebuah instansi yang memiliki banyak karyawan. Sedangkan dalam hal menyimpan data transaksi, mesin ini mampu menyimpan hingga 50.000 data. Mesin absensi wireless ZKTeco juga memiliki layar TFT berukuran 2.8 inci dan memiliki respon yang cepat yakni kurang dari atau sama dengan 1 detik saja.

Seperti yang telah disebutkan, teknologi wireless digunakan dalam mesin absensi yang satu ini. Maka dari itu, terdapat aplikasi yang digunakan untuk mengambil dan mengatur data kehadiran karyawan. Caranya pun sangat mudah karena Anda hanya cukup menggoyangkan ponsel dan data yang diinginkan pun akan ditransfer secara langsung

Selanjutnya, TCP/IP adalah jaringan yang digunakan dalam mesin absensi wireless in sehingga Anda tetap bisa menarik data kehadiran yang diinginkan dari PC atau komputer. Selain itu, terdapat fitur sambungan komunikasiĀ  Wi-Fi, USB-Client, dan USB-Host. Sebagai tambahan, terdapat sensor yang memiliki sensifitas yang baik sehingga sidik jari yang basah atau kasar bisa tetap terdeteksi dengan mudah.

Fitur-fitur yang ada tidak hanya berhenti di situ saja karena masih terdapat hal lain lagiĀ  yang ada di dalam mesin absensi ini. 1:1 dan 1:N merupakan jenis matching yang diterapkan. Fungsi-fungsi standar yang ada pun yakni DST, SSR, Self-service query, Scheduledbell, T9 input 9 digit user ID, hingga automatic status switch. Sedangkan dalam fungsi opsional, terdapat time cube cloud solution dan TA assistant APP. Lebih lanjut, Anda dapat melakukan membagikan laporan kehadiran tersebut dengan menggunakan email, WeChat, dan QQ. Yang tidak lupa disematkan dalam mesin absensi wireless ini adalah desainnya yang elegan dan tidak akan mengubah nilai estetika dari desain kantor Anda.