Daftar Harga IP Camera Murah

Harga IP camera di pasaran sangatlah beragam. Tinggi rendahnya harga ini bergantung dari merek, fitur, hingga tampilan yang ada. Yang pasti, harga yang ada tidaklah murah mengingat manfaatnya dalam hal pengawasan dan penggunaannya dalam beberapa instansi tertentu saja. Sebelum membahas lebih lanjut, apakah Anda telah mengetahui apa itu IP camera? Jika belum, berikut adalah penjelasan singkatnya.

Secara umum, IP camera merupakan sebuah kamera pengawas dan memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan kamera CCTV yang banyak kita jumpai di gedung-gedung di luar sana. Meski mereka terlihat sama saja, kedua kamera pengawas ini memiliki perbedaan di beberapa hal. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait kamera pengawas beserta harganya, berikut ulasannya.

Menilik Harga IP Camera dan Fiturnya

Seperti yang telah dijelaskan di atas, IP camera tidaklah sama dengan CCTV. Mereka hanyalah serupa, tapi tak sama. Masalah biaya, harga IP camera tidak berbeda jauh dari CCTV. Namun bila dilihat dari segi teknologi yang digunakan, keduanya sama sekali berbeda.

Berbicara mengenai keduanya, CCTV memang hadir lebih dahulu sebelum IP camera dikenal seperti sekarang. CCTV yang bekerja sebagai kamera pengawas ini umumnya ditempatkan pada sebuah area atau gedung yang cukup luas dan tidak mungkin diawasi oleh tenaga manusia saja. Hadirnya kamera pengawas ini tentu memudahkan pekerjaan pengawas saat bertugas untuk berjaga.

Terkait dengan perbedaan yang ada diantara kedua kamera pengawas ini, hal pertama yang ada yakni adanya penggunaan teknologi yang lebih unggul pada IP camera dan terdapat spekulasi bahwa kamera pengawas jenis ini telah menggeser pasar CCTV. Meski harga IP camera bisa saja lebih tinggi daripada CCTV, tetapi sederet keunggulannya tidak akan menjadi masalah dari segi biaya yang mesti dikeluarkan.

Perbedaan dari segi teknologi yang pertama yakni keunggulan IP camera yang bisa diakses dari mana saja. Dengan menggunakan koneksi internet yang dihubungkan dari kedua tempat, Anda bisa mengakses kamera pengawas ini dari belahan dunia mana pun. Penyimpanan data CCTV masih menggunakan alat perekam atau DVR yang memiliki resiko pencurian dan disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Hal ini berbeda dengan IP camera yang memiliki penyimpanan data yang tidak mengharuskannya berdekatan dengan kamera, sehingga memudahkan penyimpanannya.

Hal lain yang menjadikan IP camera lebih unggul yakni tidak dibutuhkannya kabel, alias wireless. Teknologi ini memungkinkan kamera pengawas untuk menggunakan sebuah kabel untuk power supply saja dan tentunya tidak diperlukan lagi DVR atau decoder.

Masih ada lagi keunggulan yang bisa diperoleh dari penggunaan IP camera sebagai kamera pengawas. Kemampuannya untuk mendeteksi dan menganalisa pergerakan adalah keunggulan selanjutnya. Keunggulan ini memungkinkan Anda untuk mengetahui pergerakan manusia, mobil, hewan, hingga pohon.

Berbicara mengenai harga IP camera, berikut beberapa yang banyak dicari di pasaran. Dari sejumlah merek yang ada, Anda dapat mendapatkan harga dari mulai 300.000 rupiah hingga jutaan rupiah per unit IP camera.  Harga ini sangat bervariasi mengingat fitur-fitur yang ditawarkan di dalamnya. Merek pun cukup berpengaruh untuk harga. Umumnya, merek yang memiliki track record dalam hal penjualan dan juga ketahanan serta kecanggihannya memiliki nilai jual yang tinggi.

Itulah sekilas informasi mengenai harga IP camera yang ada di pasaran saat ini. Bijaklah dalam memilih IP camera sesuai kebutuhan yang ada. Carilah informasi terkait spesifikasi dan harga sebelum Anda membeli kamera pengawas ini dan cermatlah dalam bertransaksi.