Pelatih Chelsea John Neal

Beberapa penjaga dari kursi panas Chelsea telah mengubah popularitas mereka hingga mencapai tingkat – setidaknya, dalam arti positif – sebagai orang timur utara yang tertutup yang tiba, nyaris tidak digembar-gemborkan, dari Wrexham pada bulan April 1981. Pundi-pundi untuk memperbaiki skuad adalah Masih kosong, tapi tidak seperti keempat pendahulunya yang langsung setidaknya dia punya pengalaman di pihaknya. bocoran prediksi bola

Itu tidak mengurangi es dengan prediksi bola liga champions fans Chelsea yang tidak puas saat The Blues mengirim enam orang tanpa balas ke Rotherham, hanya penghinaan terburuk dari beberapa pemain. Liverpool yang memalukan 2-0 di Piala FA memberikan sedikit istirahat dan spanduk ‘Neal Must Go!’ Dan protes di teras menyambut peluit akhir pertandingan imbang 1-1 Rotherham di Bridge pada bulan Maret di musim berikutnya. The Blues berada di posisi 20, sepertinya akan bermain sepakbola tingkat tiga untuk pertama kalinya. Untungnya, tujuan Clive Walker di Bolton membantu mencegah ancaman tersebut dan Neal yang tenang dan tak tergoyahkan bertahan, berkat Ken Bates. Dukungan tanpa akhir dari ketua akhirnya mengambil bentuk keuangan: orang seperti Eddie Niedzwiecki, Pat Nevin, Nigel Spackman dan Kerry Dixon akan menjadi pemain kunci bagi tim tersebut selama bertahun-tahun yang akan datang, seperti yang akan David Speedie tandatangani setahun sebelumnya.

Dengan demikian diperkaya, dan memainkan keseimbangan serangan fluida dan pertahanan solid yang disukai Neal, Chelsea kembali ke Divisi Pertama pada tahun 1984 dengan semangat tim baru, dan Dixon-Speedie-Nevin segera turun ke atas dengan badai juga, bermain secara ekspresif namun merek sepakbola yang terorganisir dengan baik. Dia juga memupuk debutan hitam pertama The Blues, Paul Canoville, melalui pelecehan yang mengerikan. Chelsea menikmati Piala Liga yang menegangkan sampai semifinal dan finis kelima di liga – Neal telah menciptakan klub yang sedang booming dari bekal tertawa.

Sama seperti klub tersebut akhirnya melihat pada lintasan ke atas manajer, perokok berat, mengalami masalah jantung yang serius dan di musim panas 1985 John Hollins melangkah dari peran pembinaan pemain untuk memimpin tim. Neal melanjutkan untuk sementara sebagai general manager sebelum menjalani operasi bypass triple bypass. Ia kemudian kembali tinggal di Wales Utara di mana ia meninggal pada bulan November 2014, berusia 82 tahun.